Rabu, 30 Oktober 2013

Tugas 2 Pengantar Telematika 1# (Softskill)

Nama : Bayu Tirtana
Npm : 11110366
Kelas : 4KA31
Mata Kuliah : Pengantar Telematika 1# (Softskill)



Pendahuluan

Kata Telematika mungkin sudah sangat dikenal saat ini karena pemberitaan televisi, media social, internet dan semua yang berbau tekhnologi mungkin saling berhubungan dengan telematika. Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).

Materi

Menurut Pak Moedjiono TELEMATIKA merupakan konvergensi dari
Tele=”Telekomunikasi”,
ma=”Multimedia” dan
tika=”Informatika”

Jadi dapat diambil kesimpulan berdasarkan makna yang dijabarkan pak Moedjiono  berarti telematika adalah sebuah kegiatan telekomunikasi atau hubungan dimana informasi menjadi sebuah produk dan multimedia yang menjadi jembatan atau alat untuk manusia agar dapat saling bertukar infromasi.

Adapun berbagai macam bentuk telematika yang mungkin kita kenal saat ini ad


  •  E-Government (electronics government), juga disebut e-gov, digital government, online government atau dalam konteks tertentu transformational government) adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis. Model penyampaian yang utama adalah Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta Government-to-Government (G2G). Keuntungan yang paling diharapkan dari e-government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik
  • E-Commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis
  • E-Learning adalah cara baru dalam proses belajar mengajar. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan.
  •  E-Medicine adalah basis pengetahuan klinis medis online yang didirikan pada tahun 1996 oleh Scott Plantz dan Richard Lavely, dua dokter medis. eMedicine dijual kepada WebMD pada Januari 2006. Penelitian menunjukan bahwa 12% resident radiologi menggunakan eMedicine sebagai sumber pertama mereka dalam penelitian di internet

Di luar berbasis web, telematika dapat berwujud hasil dari kerja satelit, contohnya ialah GPS (Global Position System), atau sejenisnya seperti GLONAS dan GALILEO, Google Earth, 3G, dan kini 4G, kompas digital, sitem navigasi digital untuk angkutan laut dan udara, serta teleconference.

Pembahasan

Analisa Mahasiswa:
Telematika adalah hal yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat saat ini. Karena telematika adalah sebuah konsep dimana sebuah jaringan komunikasi saling bertemu melalui sebuah jalur dimana teknologi informasi menjalankan peran yang sangat penting dalam komunikasi tersebut. Karena telematika berkembang dengan teknologi digital banyak gagasan-gagasan menarik yang ingin di implementasikan para pakar yang dengan serius mempelajari teknologi telematika agar dalam pertukaran informasi dan komunikasi dapat memudahkan untuk pengguna.

Dapat dilihat dari materi di atas terdapat berbagai bentuk telematika yang sudah ada saat ini yaitu E-Government, E-Commerce, E-Learning, E-Medicine kesemua bentuk tersebut memiliki kesamaan yaitu aktivitas yang berlangsung berada di dalam jaringan Internet dengan wadah sebuah web. Sehingga memungkinkan masing-masing bidang dapat menjangkau kalangan luas dalam memberikan informasi yang benar. Sehingga saat ini dimana perkembangan alat telekomunikasi sudah berkembang sangat pesat sehingga dalam pengaksessan informasi tidak hanya mengandalkan computer saja, namun semua orang dapat mengaksess informasi yang disedikan dalam web dengan smartphone. Namun dengan banyaknya orang yang dapat membuat sebuah web dan banyak yang memuat berbagai macam informasi di dalamnya agar web-web tersebut memiliki rating yang sangat tinggi, tidak banyak yang menyajikan informasi yang masih diragukan kualitasnya. Selain kualitas banyak juga penyalahgunaan seperti kejahatan cyber yang dapat berlangsung di dalam internet. Seperti pencurian data penting, pencurian data perusahaan, penyerangan sebuah computer, penyerangan sebuah server, maupun penyerangan yang mengakibatkan kerusakan hardware , namun segala bentuk penyerangan tersebut melalui jaringan internet dengan metode pengiriman paket data secara terus menerus sehingga hardware sebuah device kelebihan muatan dan rusak.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar