Rabu, 05 Januari 2011

TUGAS ISD BAB 7

Nama             : Bayu Tirtana
NPM               : 11110366
Kelas              : 1KA26
Kelompok     : 1
BAB 7 “Masyarakat Perkotaan dan Masyarakat Pedesaan”
1. Menjelaskan pengertian masyarakat
2. Menyebutkan syarat syarat menjadi masyarakat
3. Menjelaskan pengertian Masyarakat

A.)  Pengertian Masyarakat
Menurut beberapa sarjana definisi masyarakat adalah sebagai berikut:
1.) Menurut R.Linton(Seorang ahli antropologi): masyarakat adalah setiap kelompok manusia yang telah cukup lama hidup dan bekerjasama sehingga mereka ini dapat mengorganisaskan dirinya berfikir tentang dirinya dalam suatu kesatuan sosial dengan batas-batas tertentu
2.) Menurut M.J. Herskovits: Masyarakat adalah kelompok individu yang diorganisasikan dan mengikuti suatu cara hidup tertentu
3.) Menurut J.L. Gillin dan J.P. Gillin : Mengatakan bahwa masyarakat adalah kelompok manusia yang terbesar dan mempunyai kebiasaan, tradisi, sikap dan perasaan persatuan yang sama.
    Masyarakat itu meliputi pengelompokan-pengelompokan yang lebih kecil
4.) Menurut S.R. Steinmetz(Seorang sosiologi Belanda): Masyarakat adalah kelompok manusia yang terbesar, yang meliputi pengelompokan-pengelompokan manusia yang lebih kecil, yang memiliki hubungan yang erat dan teratur
5.) Menurut Hasan Shadily: Masyarakat adalah golongan beasr atau kecil dari beberapa manusia, yang dengan pengaruh bertalian secara golongan dan mempunyai pengaruh kebatinan satu sama lain.
Maka saya simpulkan bahwa masyarakat adalah suatu kelompok yang tinggal dalam suatu tempat atau komunitas dan telah saling terikat antara satu sama lain yang memiliki hubungan yang erat dan telah memiliki suatu ketentuan-ketentuan dalam kesehariannya.

B.)  Berikut adalah Syarat-syarat yang harus dimiliki suatu masyarakat:
a) Harus ada perkumpulan manusia, dan harus banyak, bukan perkumpulan binatang
b) Telah bertempat tinggal dalam waktu yang lama dalam daerah tertentu
c) Adanya aturan-aturan atau undan-undang yang mengatur mereka untuk menuju kepada kepentingan dan tujuan bersama.

C.)   Masyarakat Perkotaan
Masyarkat perkotaan adalah sekelompok manusia yang tinggal di suatu daerah(kota) dan dimana dalam kehidupannya masyarakat tersebut memiliki kebiasaan-kebiasaan yang berbeda dengan masyarakat desa. Masyrakat kota lebih menonjol kepada harta atau benda yang dipunyainya, seperti pakaian, rumah, kendaraan, makanan dll.
Berikut meripakan ciri yang menonjol pada masyarakat kota:
-          Kehidupan Keagamaan berkurang
-          Merasa dapat mengurus dirinya tanpa bergantung pada orang lain
-          Pembagian kerja di daerah kota lebih tegas dan membeda-bedakan akan kedudukannya
-          Kemungkinan mendapatkan pekerjaan lebih besar dibandingkan masyarakat desa
-          Jalan pikiran yang rasional
-          Mementingkan untuk menghemat waktu, dan
-          Perubahan-perubahan sosial tampak dengan jelas.

Study Kasus:
JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan yang mengguyur wilayah Jakarta pada Sabtu (7/8/2010) sore kembali menimbulkan genangan air dan menyebabkan kemacetan di sejumlah titik jalan di Jakarta. Kemacetan terparah karena genangan air yang tinggi terjadi di wilayah Jakarta Selatan.

Informasi dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya menyebutkan, genangan air mengakibatkan arus lalu lintas terputus di Cirendeu arah Kampung Gunung. Di depan Universitas Negeri Jakarta, jalur terputus karena luapan Kali Pesanggrahan.

Di Jakarta Selatan, genangan air setinggi 20-30 sentimeter antara lain di depan SPBU Shell Mampang, Pasar Cipete, Duren Tiga, Kemang Timur, depan Grand Kemang, LP3I Pasar Minggu, Fatmawati Raya Selatan, dan Jalan Haji Nawi. Genangan menyebabkan kemacetan parah. Genangan juga memacetkan jalan di Arteri Pondok Indah.

Opini:
Menurut saya masayarakat kota terlalu bersaing dalam hal duniawi saja. Dapat kita lihat pada study kasus diatas, bahwa di daerah perkotaan sangatlah banyak mobil-mobil mewah yang mengakibatkan macet pada hampir di setiap ruas jalan perkotaan. Orang-orang yang sudah berkecukupan tersebut harusnya lebih memperhatikan orang-orang yang kekurangan, dan membantunya. Supaya harta yang telah didapatkannya tidaklah hanya untuk duniawi saja, tetapi untuk akhirat juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar