Rabu, 05 Januari 2011

TUGAS ISD BAB 8

Nama             : Bayu Tirtana
NPM               : 11110366
Kelas              : 1KA26
Kelompok     : 1


BAB 8 "PERTENTANGAN-PERTENTANGAN SOSIAL DAN INTEGRASI MASYARAKAT"
- Kepentingan Individu untuk memperoleh kasih sayang

Kasih sayang adalah merupakan dasar dalam membentuk sikap dan sifat seseorang, karena dengan kasih sayang seseorang dapat merasa bahwa ia dianggap dan dibutuhkan dalam suatu kelompok tersebut. Oleh karena itu seorang individu sangat perlu sekali mendapatkan kasih sayang oleh orang-orang tedekatanya, karena dengan kasih sayang tersebut juga seseoran dapat menjadikan hidupnya lebih semangat.
Jika seseorang tidak mendapatkan kasih sayang dalah kehidupannya maka ia tidak akan bisa berinteraksi dengan baik terhadap orang lain, karena sikap dan sifat yang ia dapatkan hanyalah untuk kehidupannya diri, dan menganggap bahwa "cukup dengan dirinya tanpa orang lain ia pasti bisa". Maka peran orang tua sangatlah penting untuk menanamkan kasih sayang kepada seorang anak, karena sesuatu yang pertama didapatkan seseorang berawal dari kasih sayang orang tua terhadap anaknya, barulah ke Pendidikan dan Masyarakat Lingkungannya.

Study Kasus:
95 Siswa SD Konsumsi Narkoba


KOTA BEKASI - Badan Narkotika Kota (BNK) Bekasi mencatat pengguna narkoba di Kota Bekasi didominasi kalangan remaja. Bahkan, sedikitnya 95 siswa sekolah dasar (SD) sudah banyak menggunakan narkotika.
Kepala Pelaksana Harian (Kala-khar) BNK Kota Bekasi. Sopandi Budiman mengatakan, berdasarkan data yang dimilikinya, penyalahgunaan narkoba sejak tahun 2009 lalu didominasi oleh kalangan remaja. Bahkan, diantara kalangan remaja, sebagian besar yakni 95 orang siswa adalah siswa SD.
Dari pendataan kasus penyalahgunaan narkoba itu teridri dari 461 kasus dengan jumlah tersangka 645orang. Bahkan, menurutnya, selain siswa SD, sejumlah remaja yang duduk di SM, SMA hingga perguruan tinggi mendominasi pengguna narkoba. "Untuk meminimlisir dengan memberikan sosialisasi pengunaan narkoba ke sekolah-sekolah," imbuhnya.
Sopandi merinci, dari kalangan remaja yang sudah divonis tersangkut masalah penyalahgunaan narkoba di Kota Bekasi diantaranya, siswa SD sebanyak 95 orang, siswa SMP sebanyak 143 orang, dan siswa SMA sebanyak 369 orang dan mahasiswa 43 orang. "Yang paling memprihatinkan adalah jumlah siswa SD yang mencapai 95 orang," ungkapnya.
Untuk menekan angka penggunanarkotika usia remaja, tambah Sopandi. penanggulangan bahaya narkoba tidak saja membutuhkan komitmen dan kesanggupan semua pihak. Tetapi juga kata dia, aksi nyata semua jajaran pemerintahan, penegak hukum, sektor pendidikan maupun pihak legislatif dan masyarakat. "Kami membutuhkan warga segera melaporkan kepada BNK dan Polisi, bila ada warga yanggunakan narkotika jenis apa pun," tandasnya.
Sedangkan, untuk pelajar yang tertangkap tangan memakai narkoba pada tahun 2008 mencapai 60 orang. Jenis narkoba yang banyak digunakan oleh para siswa adalah ganja, ekstasi, dan sabu, sementara jenis heroin masih sedikit.
Sementara itu. Anggota Komisi D DPRD Kota Bekasi, Abdul Muin H.itiils mengatakan, sebaiknya Badan Narkotika Kota Bekasi lebih pro aktif dalam memberikan sosialisasi penyalahgunaan narkoba ke sekolah-sekolah. "Setidaknya, kedepan angka tersebut harus turun khususnya pengguna di tingkat pelajar," katanya.
Angka 95 siswa SD yang tercatat oleh BNK Bekasi sudah sangat besar. Dia pun menyesalkan, peran orang tua yang (idak menyadari anaknya melakukan perbuatan yang di larang. "Setidaknya, BNK harus mendekati para orang tua murid yang sudah terdata, agar segera mendapat binaan," tandasnya, (dny).


Sumber :http://bataviase.co.id/bataviase/opinion
Herwantiyoko & Katuuk F. Neltje. 1997. MKDU Ilmu Sosial Dasar. Gunadarma. Jakarta

Opini:
Menurut saya bahwa kasih sayang yang diberikan kepada orang tua terhadap anak itu sangat penting, melihat kasus dari study kasus tersebut. Saya menyimpulkan bahwa kasih sayang yang diberikan orang tua terhadap siswa-siswi SD tersebut sangatlah kurang. Karena bisa saja siswa-siswi SD yang mengkonsumsi Narkoba tersebut belum mengetahui bagaimana bahayanya narkoba, atau tidak dipedulikan oleh orang tuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar