Kamis, 22 Desember 2011

Teori Organisasi Umum 1 - Tugas 3

Nama           : Bayu Tirtana
NPM            : 11110366
Kelas          : 2KA31
Mata Kuliah    : Teori Organisasi Umum 1
Dosen          : Martani

Tugas 3
1. Jelaskan terjadinya konflik dalam organisasi
  - Faktor yang Menyebabkan
  - Mediator yang Menangani




Organisasi merupakan kumpulan dari beberapa orang bahwa kelompok semua orang atau kelompok dalam sebuah organisasi sudah pasti memiliki tujuan dan pandangan masing-masing dari kerjanya dalam organisasi. Oleh karena itu dalam sebuah organisasi pasti memiliki sebuah konflik, dimana konflik tersebut dapat diakibatkan karena dua hal, yaitu Internal dan Eksternal.
  • Internal : permasalahan internal seperti , perselisihan antar anggota,kurangnya dana, buruknya kinerja, peralatan yang sudah tidak layak pakai, dll yang berkaitan dengan semua yang ada di dalam organisasi itu.
  • Eksternal : biasanya permasalahan eksternal dikarenakan kritik dan saran orang lain, persaingan yang terjadi antar organisasi, dimana cara-cara yang digunakan dapat merugikan organisasi lain.

Setiap Organisasi pun pasti pernah mendapatkan konflik entah itu masalah Internal ataupun masalah Eksternal. Konflik ini bisa muncul secara terus menerus apabila manajer dalam organisasi tersebut tidak bisa menciptakan situasi sepaham dalam semua anggota organisasi. Konflik tidak dapat dihindari dalam suatu organisasi karena disebabkan oleh perbedaan-perbedaan yang datangnya dari dalam sifat manusia. Sifat manusia ini bukanlah hal yang dengan mudah bisa diubah. Munculnya konflik dalam sebuah organisasi tidak selalu bersifat negatif. Konflik bisa dijadikan alasan untuk mengadakan perubahan dalam keorganisasian. Perubahan ini dapat terjadi apabila manajer mengadakan evaluasi terhadap perbedaan pandangan antar elemen-elemen organisasi. Evaluasi ini bisa menimbulkan berbagai kesimpulan dan ditemukannya cara-cara baru untuk memecahkan masalah-masalah yang timbul akibat dari konflik yang terjadi. Penemuan cara-cara baru ini dapat memperbaiki pengambilan keputusan. Apabila konflik yang ada bisa dikembangkan menjadi hal tadi maka munculnya konflik bisa berdampak positif terhadap organisasi.

Tapi jika dalam sebuah konflik terjadi perdebatan yang panjang dimana jika konflik itu tidak diselesaikan maka mengakibatkan kerusakan secara perlahan dalam organisasi itu, maka dibutuhkan mediator yang tepat untuk dapat menyelesaikan konflik-konflik itu. Biasanya mediator yang tepat adalah para atasan di sebuah organisasi  seperti Manager ataupun Pimpinan Organisasi tersebut. Karena tugas mereka adalah memikirkan masalah yang terjadi dan mencari solusi terbaik untuk masalah itu. Mediator yang menangani juga harus memiliki kelebihan seperti  bertindak adil, mampu berfikir tenang, efisien dan efektif, memiliki hati nurani, dan yang terpenting memiliki leadership yang tinggi  karena selain dipercayakan untuk bisa menyelesaikan masalah ia juga harus bisa memimpin sebuah organisasi, dengan jabatannya itu pun dia dapat mengontrol dan memantau terus bagaimana perkembangan yang terjadi pada organisasi itu.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar