Selasa, 20 Desember 2011

Teori Organisasi Umum 1 - Tugas 1

Nama           : Bayu Tirtana
NPM            : 11110366
Kelas          : 2KA31
Mata Kuliah    : Teori Organisasi Umum 1
Dosen          : Martani

TUGAS 1
1. Jelaskan Pengertian Manajemen  Organisasi !
2. Tuliskan Fungsi-Fungsi Manajemen Manurut :
  - Henri Foyal            - Ernest Dale
  - George Terry           - James Stoner
3. Gambarkan Bagan Struktur Organisasi :
  - Piramid                    - Horizontal
  - Vertikal                   - Melingkar


1. Pengertian Manajement Organisasi
           
        Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen

Organisasi adalah sekelompok orang yang secara sadar mengatur diri untuk mencapai tujuan tertentu, organisasi dapat beranggotakan dua orang, puluhan hingga ratusan ribu orang

Menurut salah satu sumber Management Organisasi merupakan ilmu yang sangat luas (diantaranya meliputi cara menjalankan organisasi, membangun sebuah tim, menetapkan anggaran belanja organisasi, merencanakan program kerja, mengalokasikan sumber daya, problem solving, effective planning, productive meeting, teknik kepanitiaan dll).
 
Jadi Managemen Organisasi  menurut saya adalah sebuah perencanaan dalam mengelola sebuah organisasi dimana anggota yang terlibat di dalamnya dua atau lebih. management dalam organisasi sangat diperlukan untuk mengatur suatu organisasi supaya kinerjanya dapat terorganisir dengan benar dan sesuai jadwal serta dapat didukung oleh banyak orang

2. Fungsi – Fungsi Manajement Menurut beberapa sumber : 

- Henry Fayol membagi Fungsi Manajemen menjadi Planning, Organizing, Commanding, Coordinating, Controlling
- George R. Terry membagi Fungsi Manajemen menjadi Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. 
- Ernest Dale membagi Fungsi Manajemen menjadi Planning, Organizing, Staffing, Directing, Innovating, Representing dan Controlling.  
- James Stoner membagi Fungsi Manajemen menjadi Planning, Organizing, Leading, Controlling. 

Planning
Planning atau perencanaan merupakan pemilihan atau penetapan tujuan-tujuan organisasi dan penentuan strategi kebijaksanaan proyek program prosedur metode sistem anggaran dan standar yg dibutuhkan utk mencapai tujuan.

Organizingi
Organizing atau pengorganisasian ini meliputi:
  1. Penentuan sumber daya-sumber daya dan kegiatan-kegiatan yg dibutuhkan utk mencapai tujuan organisasi.
  2. Perancangan dan pengembangan suatu organisasi atau kelompok kerja yg akan dapat membawa hal-hal tersebut ke arah tujuan.
  3. Penugasan tanggung jawab tertentu
  4. Pendelegasian wewenang yg diperlukan kepada individu-individu utk melaksanakan tugasnya.

Staffing
Staffing atau penyusunan personalia adl penarikan (recruitment) latihan dan pengembangan serta penempatan dan pemberian orientasi pada karyawan dalam lingkungan kerja yg menguntungkan dan produktif.

Leading
Leading atau fungsi pengarahan adl bagaimana membuat atau mendapatkan para karyawan melakukan apa yg diinginkan dan harus mereka lakukan.

Controlling
Controlling atau pengawasan adl penemuan dan penerapan cara dan alat utk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dgn yg telah ditetapkan.

Actuating
Actuating atau Pelaksanaan adalah suatu bentuk usaha untuk menggerakkan orang agar bekerja sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Fungsi manajemen yang satu ini akan berjalan baik bila pegawai diberi motivasi untuk meningkatkan prestasinya.

Directing  atau  Commanding  
Directing atau Commanding  (pengarah atau mengkomando) yaitu usaha memberi bimbingan saran-saran dan perintah dalam pelaksanaan tugas masing-masing bawahan (delegasi wewenang) untuk dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Coordinating
Coordinating atau pengkoordinasian merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

Innovating
Innovating merupakan fungsi manajemen berupa penelitian, pengembangan, dan / atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi.

Representing
Representing adalah fungsi manajemen berupa adanya kesamaan dalam hal pengerjaan tugas. 

3.     Gambarkan Bagan Struktur Organisasi

       

-          Piramid 



-          Vertikal



-          Horizontal 



-          Melingkar




.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar