Jumat, 23 Desember 2011

Teori Organisasi Umum 1 - Tugas 4

Nama           : Bayu Tirtana
NPM            : 11110366
Kelas          : 2KA31
Mata Kuliah    : Teori Organisasi Umum 1
Dosen          : Martani


Tugas 4
1. Jelaskan tentang 
  - Motivasi                  
  - Komunikasi
  - Kepemimpinan

Motivasi proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini adalah intensitas, arah, dan ketekunan, yang menjadikan sebuah alasan untuk mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu. Ada beberapa cara untuk memotivasi individu beberapa diantaranya adalah dengan kata - kata, dengan contoh sikap, dengan pengalaman,  dan dengan cara berfikir yang berbeda. Dalam hubungan antara motivasi dan intensitas, intensitas terkait dengan seberapa giat seseorang berusaha, tetapi intensitas tinggi tidak menghasilkan prestasi kerja yang memuaskan kecuali upaya tersebut dikaitkan dengan arah yang menguntungkan organisasi. Sebaliknya elemen yang terakhir, ketekunan, merupakan ukuran mengenai berapa lama seseorang dapat mempertahankan usahanya.

Komunikasi Istilah komunikasi dari bahasa Inggris communication, dari bahasa latin communicatus yang mempunyai arti berbagi atau menjadi milik bersama, komunikasi diartikan sebagai proses sharing diantara pihak-pihak yang melakukan aktifitas komunikasi tersebut.
Menurut lexicographer (ahli kamus bahasa), komunikasi adalah upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan. Komunikasi merupakan suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Atau dapat disebut dengan interaksi yang dilakukan antar sesama individu baik itu secara lisan ataupun non lisan. Ilmu komunikasi sebagai ilmu pengetahuan sosial yang bersifat multidisipliner, tidak bisa menghindari perspektif dari beberapa ahli yang tertarik pada kajian komunikasi, sehingga definisi dan pengertian komunikasi menjadi semakin banyak dan beragam. Masing-masing mempunyai penekanan arti, cakupan, konteks yang berbeda satu sama lain, tetapi pada dasarnya saling melengkapi dan menyempurnakan makna komunikasi sejalan dengan perkembangan ilmu komunikasi

Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Cara alamiah mempelajari kepemimpinan adalah "melakukanya dalam kerja" dengan praktik seperti pemagangan pada seorang senima ahli, pengrajin, atau praktisi. Dalam hubungan ini sang ahli diharapkan sebagai bagian dari peranya memberikan pengajaran/instruksi. Untuk menjadi pemimpin yang baik tidak hanya memikirkan keuntungan organisasi saja, tetapi seorang pemimpin harus bisa memperlakukan individu yang terlibat dalam organisasinya dengan baik. Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan untuk memiliki jiwa kepemimpinan antara lain:

Faktor-faktor yang terdapat dalam pengertian kepemimpinan:
  •   Pendayagunaan Pengaruh
  •   Hubungan Antar Manusia
  •   Proses Komunikasi dan
  •   Pencapaian Suatu Tujuan.
Unsur-unsur yang mendasari kepemimpinan dari definisi-definisi yang telah ada, adalah:
  •   Kemampuan mempengaruhi orang lain (kelompok/bawahan).
  •   Kemampuan mengarahkan atau memotivasi tingkah laku orang lain atau kelompok.
  •   Adanya unsur kerja sama untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Prinsip dasar kepemimpinan menurut Stephen R. Coney sebagai berikut:
  • Seorang yang belajar seumur hidup : Tidak hanya melalui pendidikan formal, tetapi juga diluar sekolah. Contohnya, beJajar melalui membaca, menulis, observasi, dan mendengar. Mempunyai pengalaman yang baik maupun yang buruk sebagai sumber belajar.
  • Berorientasi pada pelayanan : Seorang pemimpin tidak dilayani tetapi melayani, sebab prinsip pemimpjn dengan prinsip melayani berdasarkan karir sebagai tujuan utama. Dalam memberi pelayanan, pemimpin seharusnya lebih berprinsip pada pelayanan yang baik.
  • Membawa energi yang positif : Setiap orang mempunyai energi dan semangat. Menggunakan energi yang positif didasarkan pada keikhlasan dan keinginan mendukung kesuksesan orang lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar