Jumat, 23 Desember 2011

Teori Organisasi Umum 1 - Tugas 5


Nama           : Bayu Tirtana
NPM            : 11110366
Kelas          : 2KA31
Mata Kuliah    : Teori Organisasi Umum 1
Dosen          : Martani
Tugas 5
1. Jelaskan Pengertian dari
  - Go Public  - Pailit (Bangkrut)
  Penyebabnya?

 
Go Public
Perusahaan go public berarti menjual saham perusahaan ke para investor dan membiarkan saham tersebut diperdagangkan di pasar saham. Beberapa keuntungan dari Perusahaan yang Go Public adalah perusahaan dapat meningkatkan Likuiditas dan memungkinkan para pendiri perusahaan untuk menikmati hasil yang mereka capai. Dan semakin banyak investor yang membeli saham tersebut, maka semakin banyak modal yang diterima perusahaan dari investor luar, para pendiri perusahaan dapat melakukan diversifikasi untuk mengurangi resiko portofolio mereka, memberi nilai suatu perusahaan. Suatu perusahaan dapat dinilai dari harga saham dikalikan dengan jumlah lembar saham yang dijual dipasaran, perusahaan dapat melakukan merger ataupun negosiasi dengan perusahaan lainnya dengan hanya menggunakan saham, dan meningkatkan potensi pasar. Banyak perusahaan yang merasa lebih mudah untuk memasarkan produk dan jasa mereka setelah menjadi perusahaan Go Public atau Tbk. 

Berikut adalah penyebab suatu organisasi melakukan go public :
  • Adanya hutang pada organisasi lain.
  • Lebih bear pasak daripada tiang, yaitu Pengeluaran lebih besar dibanding pemasukan.
  • Nilai saham yang cenderung meningkat sehingga adanya keinginan untuk melepas sebagian saham agar memperoleh keuntungan.

Pailit (Bangkrut)
Bangkrut adalah kondisi dimana orang/perusahaan yang sudah tidak memiliki kemampuan bayar terhadap kewajibannya (hutang) atau istilahnya insolvent atau hutangnya. Organisasi yang mengalami kebangkrutan biasanya dikarenakan :

  • Adanya hutang yang sangat besar pada organisasi lain.
  • Struktur organisasi yang tidak baik.
  • Tidak adanya hubungan bisnis yang menguntungkan.
  • Kurangnya kerjasama antar organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar