Kamis, 05 Januari 2012

Teori Organisasi Umum 1 - Tulisan 3

Nama           : Bayu Tirtana
NPM            : 11110366
Kelas          : 2KA31
Mata Kuliah    : Teori Organisasi Umum 1
Dosen          : Martani

Kata Pengantar

Segala puji bagi Allah yang masih memberikan kesehatan dan kesempatannya kepada kita semua, terutama kepada penulis. Sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas ini.
Tulisan ini berisi tentang perusahaan yang pailit dan penyebabnya mudah-mudahn tulisan ini dapat membantu pembaca dalam pembahasan yang ada dalam tulisan ini.
Kepada pembaca yang budiman, jika terdapat kekurangan atau kekeliruan dalam tulisan ini, penulis mohon maaf, karna penulis sendiri dalam tahap belajar. Dengan demikian, tak lupa penulis ucapkan terimakasih, kepada para pembaca. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.


Tulisan 3

  - Berikan contoh-contoh perusahaan yang Pailit dan Penyebabnya

     > Hutang

     > Pemegang saham yang keluar


Pailit (Bangkrut)
Bangkrut adalah kondisi dimana orang/perusahaan yang sudah tidak memiliki kemampuan bayar terhadap kewajibannya (hutang) atau istilahnya insolvent atau hutangnya. Berikut adalah artikel yang menyebutkan sebuah perusahaan mengalami pailit karena hutang dan pemegang saham yang keluar.

-          Artikel perusahaan pailit karena hutang
LOS ANGELES, RIMANEWS – Siapa yang tak mengenal James Bond. Film aksi ini digandrungan banyak kalangan, khususnya para remaja dan orang dewasa. Siapa sangka, ternyata perusahaan yang mendanainya terancam bangkrut akibat dililit utang. Utang yang melilit salah satu ikon terbesar studio film Hollywood, Metro-Goldwyn-Mayer Studios Inc,  (MGM), akhirnya tak mampu mempertahankan keberadaannya setelah berjuang selama bertahun-tahun untuk mengatasi utang. Pihak pemilik akhirnya mengajukan perlindungan kebangkrutan ke pengadilan.
Seperti diberitakan Daily Mail, rencana itu akan memungkinkan kreditur MGM, yang meliputi Credit Suisse dan JP Morgan, untuk men-swap lebih dari 4 miliar dolalr AS  utang untuk ekuitas pada perusahaan hasil reorganisasi. MGM, yang membesarkan legenda Hollywood seperti Clark Gable, Greta Garbo dan Buster Keaton,  banyak menghasilkan film-film Hollywood yang paling terkenal. Dalam sebuah pernyataan MGM mengatakan mereka berharap hakim federal perkara pailit  akan menyetujui restrukturisasi dalam 30 hari ini. Carl Icahn, investor dan kreditor terbesar MGM, mengatakan, dia mendukung pengajuan kebangkrutan itu.
MGM - yang menghasilkan klasik termasuk "The Wizard of Oz" dan"Cat On A Hot Tin Roof" serta Hannibal horor modern - mencari perlindungan bersama dengan 160 afiliasi di pengadilan kepailitan  di Manhattan. Bagi Spyglass, posisi tersebut menguntungkan pihaknya. Mengingat dengan marger tersebut sangat berpotensi menguasai MGM. Kabarnya, Spyglass menggelontorkan dana sebesar 4 milliar dollar AS untuk mengakuisisi MGM, sekaligus melunasi utang-utangnya senilai 2,85 miliar dolar AS. Posisi kepemimpinan MGM pun, informasinya, diambilalih Direktur Spyglass, Gary Barber. Selama beberapa tahun terakhir, MGM tertatih-tatih untuk mengurangi utangnya. Mereka terus berusaha melakukan berbagai langkah penyelamatan, di antaranya mencari investor baru. Akhirnya, terjadi kesepakatan, yang isinya terjadi perampingan pada tubuh MGM. Dalam kondisi itu, MGM ditawarkan kepada Spyglass. 


-          Artikel perusahaan pailit karena pemegang saham yang keluar.

JAKARTA Kreditur menerima, perdamaian yang disampaikan oleh PT Mandala Airlines dengan mengonversi piutang mereka ke dalam 15% saham maskapai berkode penerbangan RI tersebut. Dalam voting yang berlangsung tertutup kemarin, sebanyak 304 kreditur atau sekitar 88% dari total 345 kreditur yang hadir menyatakan menerima rencana perdamaian dari maskapai itu. Jumlah kreditur yang menyetujui rencana perdamaian maskapai penerbangan itu telah memenuhi syarat untuk kuorum sebagaimana yang ditentukan dalam UU No.37/2004 tentang Kepailitan dan PKPU, karena telah mencapai 70,58% dari total jumlah kreditur yang hadir sebesar Rp2,366 triliun. Diono Nurjadin, Presiden Direktur Mandala Airlines, mengatakan putusan itu akan memberikan jalan bagi maskapai itu untuk membawa masuk investor baru yang akan mengoperasikan kembali perusahaan. Kami ber terima kasih kepada para kreditur atas dukungan serta kepercayaan mereka bahwa perusahaan dapat bangkit keipbali," ujarnya kemarin. Tawaran damai yang diajukan Mandala adalah pemegang saham saat ini (Cardig dan Indigo) mempunyai 1% saham, kreditur 15%, dan investor baru 84%.
Hakim pengawas PKPU Mandala, Yulman, mengemukakan bahwa hasil voting yang menerima proposal perdamaian yang diajukan perusahaan penerbangan itu merupakan pilihan terbaik. Bila kreditur tidak menerima proposal perdamaian berarti perusahaan pailit dan dilikuidasi. "Bila hal ini terjadi, maka banyak kreditur yang rugi dan tidak mendapatkan apa-apa,"ujarnya kepada Bisnis. Aset PT Mandala dan tagihankepada perusahaan penerbangan tersebut, ujarnya, tidak sebanding. "Asetnya kecil dan tagihan kepada Mandala besar. Kreditur tidak akan mendapat apa-apa," katanya Sebab, tegas Yulman, Bank Victoria sebagai kreditur separatis harus didahulukan dalam penagihan karena bank itu memegang hak tanggungan. "Bank Victoria bisa menjual sendiri hak tang-gungannya,"ujamya. Dengan keputusan itu, para kreditur tinggal berharap segera masuk investor baru Mandala untuk kemudian membeli 15% saham mereka. T LCNC, perusahaan penanaman modal asing, disebut-sebut sebagai calon investor terkuat Mandala karena kemampuannya menyediakan armada pesawat secara cepat. Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti Singayuda Gumay mengatakan LCNC merupakan perusahaan yang salah satu bidang usahanya adalah penyewaan pesawat. "LCNC memang yang paling mungkin, karena sebagai lessor [perusahaan penyewaan pesawat) mereka bisa menyediakan pesawat secara cepat, juga untuk memenuhi ketentuan pengoperasian 10 unit pesawat pada 12 Januari 2012," jelasnya. Dia mengungkapkan LCNC sudah diakui sebagai perusahaan lokal, yang memiliki pemegang saham asing. Status tersebut membuat LCNC boleh memiliki saham di atas 49% di tubuh Mandala. Pada awal tahun ini, perusahaan itu juga diketahui sudah mengajukan permohonan surat izin usaha penerbangan (SIUP) berjadwalke Ditjen Perhubungan Udara Ke-menhub. Analisis penerbangan niaga Arista Atmadjati mengatakan pemegang saham Mandala saat ini yaitu Cardig Internasional asal Indonesia (51%) dan Indigo Partners asal AS (49%) harus keluar dari maskapai bernomor penerbangan RI itu. "Pemegang saham harus keluar, karena demi citra perusahaan. Yang lama kon sudah terbukti tidak bisa, jadi harus investor yang benar-benar baru untuk mengelola Mandala," paparnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar