Kamis, 05 Januari 2012

Teori Organisasi Umum 1 - Tulisan 4

Nama           : Bayu Tirtana
NPM            : 11110366
Kelas          : 2KA31
Mata Kuliah    : Teori Organisasi Umum 1
Dosen          : Martani


Kata Pengantar

Segala puji bagi Allah yang masih memberikan kesehatan dan kesempatannya kepada kita semua, terutama kepada penulis. Sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas ini.
Tulisan ini berisi tentang Usaha UMKM yang berkembang mudah-mudahn tulisan ini dapat membantu pembaca dalam pembahasan yang ada dalam tulisan ini.
Kepada pembaca yang budiman, jika terdapat kekurangan atau kekeliruan dalam tulisan ini, penulis mohon maaf, karna penulis sendiri dalam tahap belajar. Dengan demikian, tak lupa penulis ucapkan terimakasih, kepada para pembaca. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. 


Tulisan 4
  - Berikan contoh-contoh Usaha UMKM yang berkembang bahkan > Ekspor

Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Arti secara literatur diketahui pengertian baku tentang UKM / UMKM adalah Usaha Kecil dan Menengah (UKM) / Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Prakteknya UKM / UMKM sering dihubungkan dengan usaha yang memiliki keterbatasan modal atau sumber daya. Banyak juga  menyebut usahanya orang kecil. Namun UKM / UMKM merupakan klasifikasi kapasitas usaha dari mulai mikro, kecil dan menengah.

UKM / UMKM mampu menjadi stabilisator dan dinamisator per ekono­mian di Indonesia. Sebagai negara berkembang, Indonesia sangat penting memperhatikan UMKM. Alasannya, UMKM mempunyai kinerja lebih baik dalam tenaga kerja yang produktif, meningkatkan produktivitas tinggi, dan mampu hidup di sela-sela usaha besar. UMKM mampu menopang usaha besar, seperti menyediakan bahan mentah, suku cadang, dan bahan pendukung lainnya. UMKM juga mampu menjadi ujung tombak bagi usaha besar dalam menyalurkan dan menjual produk menyalurkan dan menjual produk dari usaha besar ke konsumen.

Untuk mendirikan UMKM pun tidak perlu bermodal besar. Demikian halnya dengan tenaga kerjanya tidak memiliki standar pendidikan tertentu yang disyaratkan karyawan di suatu perusahaan besar. Pengurusan izin UMKM pun dipermudah oleh pemerintah. Dengan kondisi tersebut, UMKM tumbuh dan berkembang. Pelaku usaha dapat membuka usaha, baik itu di rumah, menyewa kios, kontrak ruko, berjualan di pasar, atau membuat gerobak dorong

Seiring berkembangnya dunia Informasi maka jaringan untuk mempublikasikan hasil UKM dan UMKM yang ada di suatu wilayah sangatlah mudah. Dengan bermodalkan akses ke Internet seseorang dapat mencari informasi jual beli barang di beberapa web yang menyediakan informasi yang dibutuhkan penggunanya. begitu pula publikasi terhadap usaha-usaha UKM dan UMKM untuk bisa mencapai di luar wilayahnya agar bisa menambah penghasilan. Namun konsumen juga harus bisa lebih waspada terhadap penipuan-penipuan yang dapat timbul yang dikarenakan informasi palsu.

Berikut adalah contoh promosi sebuah UKM yang saya ambil dari sebuah web :

-          Primitive Art Production adalah industri kuningan terbesar terlengkap di Trowulan - Mojokerto - Indonesia. Disini anda akan mendapatkan bermacam-macam desain seperti desain klasik, minimalis, modern dan lain-lain dengan harga yang bagus, karena ditempat sinilah prosesproduksi dikerjakan secara langsung. Produk kami selalu mengikuti perkembangan zaman, mengutamakan kualitas dan pelayanan yang terbaik. Kami bersedia bekerja sama dengan konsumen dari industri, perkantoran, perorangan (indifidu). Dapatkan pruduk produk kami dengan mengunjungi rumah produksi.

-          RNF Collections >> Grosir Kaos Dewasa, T-shirt, baju anak, stelan anak , Pakaian Anak, Kualitas Produk kami bagus dan harga sangat terjangkau, kami hanya melayani grosiran. produk yang kami tawarkan sangat terjamin, mode dan disainnya juga sangat menarik dan banyak disenangi oleh orang-orang yang mengerti kualitas produk/bahan/bordiran dan jahitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar